Senin, 18 Juni 2012

JCC (Jember City Carnival) 2012


kostum budaya Jawa
 
Saya lagi berlibur ke kota Jember, Jawa Timur, Indonesia. Saya udah bela-balain dateng ke Jember sendirian naik kereta api, demi lihat JCC (Jember City Carnival). Kebetulan sepupu saya juga terpilih untuk mewakili SMAnya untuk ikut memeriahkan JCC.

 budaya Tionghoa

JCC adalah sebuah karnaval atau parade jalanan berkostum unik yang diikuti sekolah SMA dan SMP sekota Jember beserta instansi-instansi pemerintah lainnya. JCC pada tahun ini telah digelar di tanggal 16 Juni 2012. Dengan rute karnaval start di GOR Kota Jember hingga finish di alun-alun kota Jember. Berbeda karnaval pada umumnya yang biasa digelar pada siang hari, JCC justru digelar mulai jam 7 hingga 9 malam. Jadi nggak kepanasan, cuma motret pake kamera hape bisa ngeblur nggak jelas kayak begini (maaf banget ya pemirsa, si empunya blog kaga punya digicam hehe).
 
 kostum budaya Bali

Saya nonton bareng my sista naik motor. Menjelang JCC banyak tempat parkir dadakan di sepanjang rute karnaval. Dan berdasarkan pengalaman, walaupun amatir, tapi semuanya aman dengan biaya rata-rata Rp3000/ motor. Dan bagi yang jalan kaki disarankan hati-hati terutama kaum perempuan, soalnya banyak gerombolan anak-anak kampung yang suka menggoda pake bahasa madura yang gak bisa dimengerti kaum awam hehe. But so far masih aman lah :)

kostum budaya Minang

Di JCC tahun 2012, dibagi atas beberapa tema busana, diantaranya budaya Jember, budaya Jawa, budaya Papua, budaya Minang hingga Tionghoa. dan masih banyak lagi. Perinstansi memiliki tema berbeda-beda, contohnya SMAN 1 Jember membawakan tema kebudayaan Jawa, dan tentu saja kostumnya didominasi dengan batik dan ala tokoh pewayangan, misal: Gatotkaca.

 
kostum budaya Papua

Nah itulah pengalaman saya melihat JCC, disarankan bagi kalian yang mau nonton tahun depan, 
pertama bawalah kendaraan motor saja karena kalau mobil pasti kejebak macet dan susah cari parkirnya.
kedua bawalah kamera digital berlampu flash karena cahaya lampu jalan sangat minim buat kamera hape.
ketiga bawalah/belilah snack dan minuman dari rumah supaya aman dan ada kegiatan pas nungguin paradenya lewat.
keempat perginya jangan sendirian, lebih seru sama teman-teman. males banget kalo sama pacar, soalnya penuh sesak, dijamin ga bisa bermesraan hehe.
kelima datanglah lebih awal, carilah tempat nonton paling depan, biar bisa curi-curi poto berdua bareng model-model parade yang ramah-ramah dan murah senyum itu.
keenam patuhi peraturan yang dibuat Pak Polisi dan jangan buang sampah sembarangan ya ;)

kostum budaya Dayak



 
Selamat menonton JCC tahun depan :D
be Happy with JCC 
Danti~


1 komentar: